DK-PBB Serukan Gencatan Senjata Kemanusiaan Baru di Yaman

Fighters of the Southern Resistance Committees gather at the frontline of their fighting against Houthi fighters in Yemen's southern city of Aden June 17, 2015. REUTERS/Stringer
Fighters of the Southern Resistance Committees gather at the frontline of their fighting against Houthi fighters in Yemen’s southern city of Aden June 17, 2015. REUTERS/Stringer

Eramuslim – Kamis 25 Juni 2015, Dewan Keamanan PBB menyerukan gencatan senjata baru di Yaman, dan menggelar perundingan baru bagi seluruh pihak yang bertikai tanpa adanya prasyarat.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Kamis malam, Dewan Keamanan PBB mendesak semua pihak yang bertikai untuk mempertimbangkan proposal utusan PBB, Ismail Ould Cheikh Ahmed, mengenai gencatan senjata kemanusiaan yang berkelanjutan di Yaman.

Selain itu Dewan Keamanan PBB menuntut semua pihak yang bertikai di Yaman harus mematuhi hukum kemanusiaan internasional dan memfasilitasi kedatangan bantuan bagi warga sipil Yaman, mengacu pada tindakan pemberontak Syiah Houthi yang melarang pengiriman bantuan ke daerah yang dikuasai pasukan pemerintah.

Sementara itu dalam perkembangan terkait, delegasi PBB untuk pengungsi Yaman, Stephen O’Brien, mengatakan bahwa 25 juta penduduk Yaman membutuhkan bantuan kemanusiaan segera. (Alarabiya/Ram)