Der Spiegel:cJerman Manfaatkan Konflik Dunia Arab Untuk Jual Senjata

Der SpiegelEramuslim – Majalah kenamaan Jerman, Der Spiegel, mengungkapkan bahwa ekspor senjata pemerintah Berlin ke wilayah Afrika Utara dan kawasan Timur Tengah meningkat hampir dua kali lipat ditengah keinginan negara tersebut membatasi penjualan senjata keluar.

Dalam terbitan hari Sabtu (08/08) kemarin, Der Spiegel menyatakan bahwa ekspor senjata Jerman dari bulan Januari hingga bulan Juni 2015 telah mencapai angka 6,35 miliar euro, atau setara dengan penjualan senjata sepanjang tahun 2014.

Menurut majalah dwi pekanan Jerman menyatakan bahwa jumlah penjualan ini bertentangan dengan keinginan Menteri Ekonomi Sigmar Gabriel yang berkomitmen mengurangi ekspor senjata negaranya keluar negeri.

Informasi yang diperoleh Der Spiegel menyatakan bahwa jumlah tersebut termasuk pejualan lusinan tank jenis Foch kepada pemerintah Kuwait, 4 pesawat kargo militer kepada Kerajaan Inggris, dan 2 kapal selam jenis Dolphin kepada Zionis Israel.

Perlu diketahui bahwa jumlah di atas belum ditambah dengan pesanan senjata yang biasanya dilakukan oleh anggota Uni Eropa dan NATO kepada pemerintah Jerman. (Shorouk/Ram)