Defense One: Pembentukan Pasukan Bersama Arab Hanyalah Sebuah Wacana

pasukan bersama arabEramuslim – Situs analis militer “Defense One” menyebut pembentukan pasukan bersama Arab yang di umumkan oleh para pemimpin militer dunia Arab hanyalah sebuah wacana di atas kertas dan tidak akan keluar lebih jauh dari ruang pertemuan di Kairo.

Menurut situs yang khusus membahas masalah keamanan dan militer di dunia ini menyatakan bahwa keberadaan pasukan gabungan Gulf Cooperation Council “Penisula Shield” di Bahrain sebanyak 40 ribu pasukan, sudah cukup untuk membentuk apa yang disebut pasukan bersama Arab.

Defense One menyatakan bahwa jika negara-negara Arab serius untuk membentuk kekuatan gabungan, akan lebih mudah dengan menambahkan beberapa negara non-Teluk seperti Mesir untuk masuk dalam pasukan gabungan GCC.

“Akan sangat sulit bagi negara-negara Arab jika mereka memang serius untuk membentuk kekuatan gabungan yang sama sekali baru, ditengah sejumlah pekerjaan rumah seperti konflik di Yaman yang semakin memanas,” ujar Defense One dalam tulisannya.

Sementara itu untuk alasan lain yang sangat mendasar adalah setiap pasukan militer Arab dirancang untuk melindungi rezim dari aktivis pro-demokrasi yang dianggap sebagai batu penghalang untuk melanggengkan kekuasaan mereka. (Rassd/Ram)