David Hirst: Sisi Adalah Pendukung Teroris Sebenarnya Di Mesir

david hirstEramuslim – Penulis terkenal asal Inggris, David Hirst, menyebut Presiden Abdel Fattah Sisi adalah pendukung utama aksi terorisme di Mesir, pasca kudeta militer terhadap Presiden Muhammad Mursi pada 3 Juli 2013.

Dalam artikel terbarunya mengenai hubungan diktator Arab dengan militer, David Hirst mendapati bahwa rezim-rezim yang berkuasa di negara-negara kawasan sengaja mendukung aksi teroris sejumlah kelompok bersenjata agar dapat melanggengkan kursi kekuasaannya.

David Hirst mengatakan, “Sisi menggunakan cara yang digunakan mantan presiden Ali Abdullah Saleh untuk mendukung gerakan bersenjata di wilayah Semenanjung Sinai, dan mendapatkan dukungan militer dari dalam dan luar, khususnya Amerika Serikat.”

Menurut Hirst para diktator ini sengaja mendorong aksi terorisme di negara mereka, dan di saat yang sama menggunakan kampanye “perang melawan teror” untuk memeras Barat dan mendapatkan dukungan militer baik dari dalam maupun dari luar.

“Contoh yang sangat mudah adalah sebuah film dokumenter penyelidikan yang dilakukan Aljazeera mengenai keterlibatan Ali Abdullah Saleh dalam mendukung al-Qaeda untuk melakukan serangan terhadap kepentingan Barat di Yaman,” ujar Hirst.

Film yang dibuat oleh Mujahid nasional Yaman, Hani Mohammed, menceritakan bagaimana Hani yang merupakan seorang prajurit Al Qaeda Afghanistan direkrut oleh Badan Intelejen Yaman menjadi mata-mata di organisasi Al Qaeda Semenanjung Arab, untuk melaksanakan misi Ali Abdullah Saleh di kawasan Teluk.

Hani Mohammed mengatakan, “Saya telah mengabari Badan Intelejen Yaman mengenai rencana penyerangan Kedutaan Besar AS di ibukota Sana’a, tiga bulan sebelum hal tersebut terjadi. Akan tetapi mereka justru mempermudah kami untuk melakukan serangan yang menyebabkan 12 orang tewas.”

Di akhir artikelnya penulis terkenal asal Inggris ini menyatakan bahwa kediktatoran yang didukung Barat adalah sebab dari huru-hara dan aksi teroris yang kini melanda kawasan Timur Tengah. (Rassd/Ram)