Didukung Penuh Syiah Iran, Irak Tolak Permintaan Penambahan Pasukan Militer AS

militer AS di irakEramuslim – Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi, mengatakan bahwa angkatan bersenjatanya telah memiliki tentara yang cukup untuk dapat mengalahkan dan menghabisi milisi Negara Islam.

Pernyataan ini dikatakan PM Haider al-Abadi pada hari Senin (30/11) kemarin, dalam rangka menolak permintaan Dewan Senat AS yang menginginkan penambah jumlah personel mereka yang bertugas di Irak untuk membantu memerangi milisi IS.

“Kami menekankan bahwa Irak memiliki cukup laki-laki dan tekad untuk mengalahkan milisi Negara Islam atau kelompok lain sejenisnya yang berniat menghancurkan Irak,” ujar PM Haider al-Abadi dalam pernyataan resminya.

PM Haider al-Abadi meminta dunia internasional dan AS untuk lebih fokus meningkatkan pengiriman senjata bagi militernya, serta melatih tentara dalam negeri dalam rangka membentuk pasukan nasional yang kuat untuk melawan Negara Islam.

Perlu di ingat bahwa Irak dapat bertahan sampai saat ini dari gempuran pejuang Sunni dan organisasi Negara Islam adalah berkat bantuan AS dan koalisinya, serta Syiah Iran yang telah mengirimkan ribuan pejuangnya untuk menghabisi Sunni. (Almasryalyoum/Ram)