Di Bawah Negara Islam, Mosul Jadi Kota Teraman Dan Terbersih di Irak

isis anbarEramuslim – Surat kabar kenamaan AS “Daily Beast” menyebut Negara Islam sangat berperan penting dalam merubah tatanan kota Mosul, dan menjadikan kota tersebut sebagai kota teraman dan terbersih pasca dikuasai pada tahun 2014 lalu.

Seperti dikutip Daily Beast dari seorang peneliti di kota Mosul dengan nama samara Muhsin mengatakan, “Selama satu tahun berkuasa, Negara Islam telah banyak memberikan perubahan terhadap kontur dan budaya masyarakat Irak.”

Muhsin menambahkan, “Kini para penduduk sangat teratur menuju Masjid ketika waktu shalat tiba. Banyak pria berjanggut dan penggunaan kerudung bagi kaum wanita, serta tidak ada lagi rokok, minuman, dan anggur yang kini terlihat di tempat-tempat umum di kota Mosul.”

“Dalam setahun mereka berhasil mengubah wajah kota Mosul menuju kebaikan, meskipun mereka terkadang menghancurkan banyak situs arkeologi dan monumen bersejarah, dan mencuri sebagian lainnya untuk dijual,” ujar Muhsin dalam penelitiannya.

Muhsin melanjutkan “Negara Islam sangat memperhatikan perubahan sosial yang terjadi di kota ini, dalam tahap ini mereka berfokus kepada pakaian dan perilaku penduduk kota.”

Sementara itu berbicara mengenai ekonomi, peneliti ini menyebut Negara Islam belum berhasil dalam mengeluarkan Mosul dari krisis ekonomi akibat perang berkepanjangan di Suriah.

“Memang disini banyak tumbuh orang kaya baru, akan tetapi mereka adalah anggota organisasi yang berkerja dan sekaligus mencari pendapatan di kota ini,” ujarnya.

Senada dengan Muhsin, Abdul yang kini berkerja di Dewan Provinsi kota mengatakan bahwa dibawah organisasi Negara Islam kota ini menjadi aman hingga 90%. “Dan satu-satunya kekhawatiran bagi penduduk kota adalah pemboman udara oleh pasukan koalisi internasional pimpinan AS,” ujarnya. (Rassd/Ram)