Cina Kirimkan Kapal Perangnya Untuk Awasi Pemusnahan Senjata Kimia Suriah Oleh Amerika

archiveCina mengumumkan akan ikut berpartisipasi mengamankan pemindahan dan pemusnahan senjata kimia Suriah pada akhir Januari 2014 ini, dan telah mengirimkan armada lautnya ke laut Mediterania.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Cina, Qin Gang, mengatakan dalam konferensi pers pada hari Kamis Kamis (02/01) “kapal Cina perang Cina ‘Yan Cheng’ sedang dalam perjalanan sejak hari Selasa (31/12) menuju wilayah Mediterania, untuk berpartisipasi dalam proses mengamankan pemusnahan senjata kimia Suriah.”

Qin menambahkan “kapal militer ‘Yan Zheng’ kini sedang melalui Terusan Suez dan menghargai kerjasama Mesir mempermudah proses perizinan.”

Proses pemusnahan senjata kimia Suriah mendapat dukungan yang sangat luas dari masyarakat internasional dan penjagaan ketat dari militer dunia. Kapal militer ‘Yan Cheng’ akan bekerja sama dengan kapal frigat dari negara lain untuk mengamankan misi internasional tersebut.

Selain Cina dan Amerika Serikat, pemerintah Rusian juga mengirimkan armada lautnya dan kini sedang telah berada di kota Limassol, Siprus. (rassd/lndk)