China Temukan Virus Korona Hidup di Gagang Pintu, Warning Bagi Kemenkes

Eramuslim – Pemerintah China belum lama ini mengklaim temukan virus korona baru (2019-nCoV) di gagang pintu dan feses. Temuan ini menjadi bukti baru bagaimana penyebaran virus semakin meluas di masyarakat.

Dikutip dari laman CGTN, Wakil Kepala Pusat Pencegahan Penyakit Menular Guangzhou, Zhang Zhoubin menyatakan pihaknya telah mengumpulkan 660 sampel untuk pengujian virus korona baru (2019-nCoV). Hasilnya diketahui bahwa virus korona baru itu ada di gagang pintu (di rumah pasien).

Ia menambahkan, dengan adanya hasil ini pihaknya akan melakukan langkah terbaik lanjutan dalam menyosialisasikan kebersihan rumah para pasien. Ia juga meminta agar masyarakat China semakin giat cuci tangan.

Lebih lanjut, ilmuwan China juga menemukan jejak virus korona baru di tinja beberapa pasien terinfeksi. Dengan adanya data ini juga menjadi bukti tambahan bahwa virus korona baru diduga bisa menular lewat feses manusia.

Menyikapi isu ini, Kementerian Kesehatan angkat bicara. Dijelaskan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes dr Wiendra Waworuntu, data tersebut memang ia sudah dengar dan perlu kajian lebih lanjut.

“(Penemuan virus korona baru di gagang pintu dan tinja) itu masih dalam tahap penelitian,’ terang Wiendra saat ditemui Okezone usai temu media di Kantor Kemenkes, Jakarta, Selasa 4 Februari 2020.