China Labeli Uighur yang Memiliki Al-Quran Sebagai ‘Ekstremis’

Eramuslim.com – Pemerintah komunis China dilaporkan telah memantau ponsel milik etnis minoritas Uighur untuk keberadaan 50.000 file multimedia yang digunakan untuk menandai “ekstremisme kekerasan”. Bahkan dengan hanya memiliki Al-Quran dapat menyebabkan pemilik menjalani interogasi polisi, menurut penyelidikan Human Rights Watch (HRW).

Meskipun daftar konten “kekerasan dan teroris” mencakup audio, video, dan gambar kekerasan yang diproduksi oleh kelompok bersenjata seperti ISIL (ISIS), daftar tersebut juga menyertakan materi dari organisasi yang mempromosikan identitas atau penentuan nasib sendiri orang Uighur, sebagian besar minoritas Muslim, di Xinjiang.

Organisasi tersebut termasuk gerakan separatis kemerdekaan Turkestan Timur, kelompok pengasingan Kongres Uyghur Dunia dan outlet berita Radio Free Asia yang didanai pemerintah Amerika Serikat.

File-file itu juga memuat informasi tentang pembantaian Lapangan Tiananmen 1989, yang disensor dengan ketat di China.

Beberapa konten yang ditandai untuk ditinjau, bagaimanapun, adalah non-politis, termasuk acara perjalanan China yang diajukan di Suriah yang disebut “On the Road”, tafsir dari Al-Quran dan lagu-lagu Islami, menurut analisis metadata daftar oleh kelompok hak asasi.

“Pemerintah China secara keterlaluan serta berbahaya menggabungkan Islam dengan ekstremisme kekerasan untuk membenarkan pelanggaran menjijikkan terhadap Muslim Turki di Xinjiang,” kata Maya Wang, penjabat direktur HRW China, menurut Al Jazeera pada Kamis (04/05/2023).

“Dewan Hak Asasi Manusia PBB harus mengambil tindakan yang sudah lama tertunda dengan menyelidiki pelanggaran pemerintah China di Xinjiang dan sekitarnya.”

Daftar utama yang dianalisis oleh HRW adalah bagian dari sejumlah dokumen berukuran 52GB dari database kepolisian Xinjiang yang bocor ke Intercept, sebuah outlet media yang berbasis di AS, pada tahun 2019, namun tidak dipublikasikan hingga sekarang.

Polisi China di ibu kota Xinjiang, Urumqi, telah mewajibkan warga untuk mengunduh aplikasi bernama Jingwang Weishi, yang memungkinkan pihak berwenang memantau konten ponsel mereka. Pengunjung ke Xinjiang juga dapat diminta untuk mengunduh aplikasi serupa yang disebut Fengcai.

Beri Komentar