Dewan Kerjasama Teluk Tidak Akui Syiah Houthi, Dukung Pemerintahan Presiden Hadi

Presiden mansur hadiEramuslim – Surat Kabar Masyhad Yaman menyebut pertemuan Sekretaris Jenderal Dewan Kerjasama Teluk, Dr. Abdul Latif Al-Zayani pada Rabu (25/02) sore sebagai bentuk dukungan Dewan Kerjasama Negara Arab Teluk kepada Presiden sah Abd Rabbo Mansur Hadi.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama 2 jam pada Rabu sore di istana istana Baltwaha di kota Aden, Sekjen GCC menyampaikan dukungan negara Teluk terhadap legitimasi dan kepemimpinan Presiden Abd Rabbo Mansur Hadi sebagai kepala negara Yaman.

Selain itu dalam pertemuan tersebut Sekjen Dr. Abdul Latif juga membicarakan kembali proses dialog nasional yang diusulkan negara-negara Teluk dalam menghadapi perpecahan sekterian di Yaman.

Setelah berhasil melarikan diri dari tahanan rumah yang diterapkan milisi Syiah Houthi pada akhir pekan lalu, Presiden Abd Rabbo segera menyatakan menjalankan pemerintahan dari wilayah selatan Yaman, dan menarik surat pengunduran diri pada hari Selasa (24/02) kemarin.

Konflik politik di Yaman bermula ketika milisi bersenjata Syiah berhasil merebut ibukota pada akhir September 2014, dan kemudian memaksa Presiden Abd Rabbo Mansur Hadi untuk mengundurkan diri pada 22 Januari 2015. (Rassd/Ram)