Cegah Pengungsi Timur Tengah Dan Afrika, 12 Negara Eropa Kerahkan Kapal Perang Ke Laut Mediterania

pengungsi AFrikaEramuslim – Belasan kapal perang dikerahkan 12 negara Eropa dalam patroli bersama di Laut Mediterania untuk mencegah arus pengungsi ilegal asal Timur Tengah Dan Afrika dari lepas pantai Libya.

Dalam acara pelepasan Angkatan Laut Inggris pada hari Jum’at (04/06) kemarin, Menhan Michael Fallon mengatakan, “Negara-negara Eropa harus berasatu dan berkerjasama untuk dapat menghadapi gelombang pengugsi ilegal yang berasal dari lepas pantai Libya.”

Menhan Michael Fallon menambahkan, “Saat ini ada sekitar setengah juta pengungsi asal Timur Tengah Dan Afrika telah berkumpul di lepas pantai Libya dan bersiap melarikan diri ke Eropa, dan dapat menjadi ancaman keamanan baru bagi kita di masa depan.”

“Misi kita kali ini adalah mencari 14 kapal nelayan yang membawa puluhan ribu pengungsi dari Libya,” ujar Menhan Michael Fallon.

Menurutnya situasi konflik di Libya dan negara Timur Tengah menjadi sebab utama benua Eropa sebagai tujuan selanjutnya para pengungsi untuk mencari kehidupan yang aman dan layak.

Uni Eropa memperkirakan sebanyak 1600 pengungsi Afrika telah tewas tenggelam dalam perjalanan mereka ke benua Eropa dalam kurun waktu setengah tahun terakhir.

Tercatat selain Inggris dan Italia, Angkatan Laut Jerman dan Irlandia menyatakan akan ikut bergabung dalam patrol bersama di Laut Mediterania. (Bbcarabic/Ram)