Calon Presiden Baru Lebanon: Saya Akan Tarik Seluruh Milisi Syiah Hizbullah Dari Konflik Suriah

samir GeageaKepala partai Lebanon Forces, Samir Geagea, berjanji akan menarik seluruh milisi Syiah Hizbullah dari Suriah jika dirinya terpilih dalam pemilihan presiden Lebanon mendatang. Ini diungkapkan Samir dalam wawancara dengan stasiun televisi Al Hadis pada hari Senin (25/03), dua bulan menjelang pemilihan baru presiden.

Selain itu, politisi senior Lebanon ini menyatakan kesiapannya untuk berdialog dengan Hizbullah sebagai upaya bersama membangun Lebanon.

Pemilihan presiden di Lebanon sempat tertunda setelah sejumlah perwakilan partai di parlemen belum menyepakati jadwal dan peraturan pemilu. akan tetapi kini ketua Parlemen Lebanon, Nabih Berri, telah memerintahkan kepada anggota Parlemen untuk segera membentuk sebuah komite pemilihan umum independen, setelah mundur selama 2 bulan dari jadwal yang direncanakan.

Presiden Lebanon Michel Suleiman telah menjabat kursi kepresidenan sejak enam tahun lalu setelah kursi presiden vakum selama setengah tahun lamanya.

Menurut pemantauan sejumlah pengamat politik Timur Tengah, di tahun 2014 ini Lebanon akan menghadapi krisis politik yang jauh lebih besar daripada yang terjadi pada tahun 2008 lalu, terlebih dengan ikut sertanya milisi Syiah Hizbullah dalam perang bersaudara di Suriah. (Alarabiya/Ram)