Calon Haji Palestina Mulai Datang Ke Arab Saudi Hari Ini

hujaj PalestinaEramuslim – Senin 7 September 2015, sebanyak 800 calon Haji asal Jalur Gaza, Palestina, akhirnya dapat berangkat menuju tanah suci Makkah Al Mukaromah, setelah pemerintah kudeta Mesir menyetujui untuk membuka Perlintasan Rafah selama 3 hari ke depan.

Seperti dilansir kantor berita Anatolia dari keterangan direktur penyebrangan di sisi Palestina, Khalid Syair, mengatakan, “Ini adalah rombongan pertama dari 2450 calon Haji yang akan berangkat ke Arab Saudi dalam beberapa hari kedepan.”

Khalid Syair melanjutkan, “Pemerintah Mesir mengumumkan bahwa mereka akan membuka penyeberangan selama tiga hari kedepan khusus bagi para jemaah calon Haji yang akan berangkat.”

Perlu diketahui bahwa Mesir adalah satu-satunya akses bagi warga Palestina di Jalur Gaza untuk berhubungan dengan dunia luar, setelah gerbang milik Zionis Israel ditutup untuk memblokade pejuang Palestina sejak akhir tahun 2006 lalu.

Akan tetapi pasca kudeta militer tahun 2013 kemarin, pemerintah kudeta yang dipimpin oleh Abdel Fattah Sisi memutuskan untuk menutup perlintasan Rafah untuk mendukung blokade yang dilakukan Zionis Israel. (Rassd/Ram)