Bukti Keberadaan Pasukan Elit Garda Revolusi Iran Di Suriah

elit iranBrigade pasukan pejuang Suriah di provinsi Idlib, baru-baru ini mengunggah foto-foto bukti keberadaan milisi Iran di Suriah di internet, dan mengungkap peran keberadaan mereka di Suriah dalam pelatihan, pengawasan dan partisipasi dalam misi tempur dengan pasukan pejuang Suriah.

Dalam wawancara dengan  Al-Jazeera, komandan brigade Daud, Hossam Al Sermeni mengatakan bahwa “gambar-gambar yang dia unduh ke internet merupakan bukti nyata partisipasi dari keberadaan pasukan Garda Revolusi Iran di sisi tentara rezim Bashar Assad.” Ia menegaskan bahwa “foto-foto ini diperoleh dari kamera milik pejuang Iran yang telah tewas di tangan pasukan pejuang Suriah.”

Hossam menambahkan bahwa dirinya masih memiliki bukti-bukti lain yang valid mengenai keterlibatan Iran dalam pertempuran di Suriah. Bukti ini disertai nama-nama prajurit, dokumen yang berisi rencana milisi Iran dan pembagian peran mereka di suriah.

Tuduhan ini pun langsung dibantah oleh Pimred surat kabar Iran Mehr News Agency, Hassan Hani Zadeh dalam wawancara sambungan telephon dengan Aljazeera.

Hassan mengatakan “foto-foto ini palsu, dan dibuat untuk mendiskreditkan Iran.“  Ia menambahkan bahwa “Suriah tidak memerlukan bantuan pasukan Iran, karena tentara reguler mereka cukup untuk memberantas kelompok bersenjata di Suriah.”

Sebelumnya pada bulan September 2012 panglima tertinggi Garda Revolusi Iran Mohammad Ali Jafari, menyatakan kepada publik tentang keberadaan elemen Al Quds Iran di Suriah, menurutnya keberadaan mereka hanya untuk memberikan saran saja.

2 hari kemudian Kementerian Luar Negeri Iran menyangkal keberadaan Pengawal Revolusi di Suriah dan mengatakan peryataan Ali Jafari diambil di luar konteks resmi pemerintah Iran. (Aljazeera/Zhd)