Boneka Usamah Bin Laden Bekas Proyek Gagal CIA Dilelang

osama-bin-laden-2Eramuslim.com – Boneka tokoh terorisme ternama Osama Bin Laden yang dibuat sebagai bagian dari proyek rahasia CIA pada tahun 2005 lalu dilelang dengan harga mulai 2.500 dolar AS.

Boneka yang dibuat oleh veteran Perang Korea Donald Levine itu merupakan bagian dari proyek bernama “Devil Eyes”. Proyek itu dirancang untuk mendistribusikan boneka Osama ke anak-anak di Afghanistan untuk menolak al-Qaeda.

Namun proyek tersebut tidak mendapatkan persetujuan dan hanya ada tiga buah boneka prototipe Osama tersebut yang sudah diproduksi di Tiongkok.

Daily Mail (Kamis, 18/6) mengabarkan, dua di antara boneka Osama yang sudah diproduksi itu dipegang oleh CIA, sedangkan satu lainnya dimiliki oleh anak laki-laki Levine. Ia pun kemudian menjual boneka melalui lelang memorabilia Nate D. Sanders di LA.

Boneka tersebut memiliki dua buah kepala yang bisa dilepas. Satu adalah kepala normal yang menunjukkan wajah Osama dengan sorban dan janggut. Sedangkan kepala satu lagi merupakan penggambaran wajah setan dengan raut menyeramkan dan kulit berwarna loreng hitam merah dengan mata berwarna hijau.

Rumah lelang itu menggambarkan boneka sebagai prototipe langka. Boneka tersebut dilengkapi dengan surat asli yang ditandatangani oleh putra Levine.(rz)