Big Boss Freeport James R. Moffet Mengundurkan Diri

freeportEramuslim.com – Direktur Utama (Executive Chairman) sekaligus pendiri perusahaan Freeport-McMoRan, James R. Moffett, mengundurkan diri dari jabatanya. Hal ini menyusul terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) massal dan jatuhnya harga komoditas perusahaan tambangnya.

Sebagaimana dilansir New York Times, Senin (28/12), perusahaan tambang emas dan tembaga terbesar di dunia ini mengalami kesulitan tahun ini karena nilai kedua hasil tambangnya itu mengalami penurunan.

Untuk nilai tembaganya saja diberitakan telah mengalami penurunan nilai sebanyak 26 persen. Penurunan ini juga disebut-sebut pengaruh dari perlambatan pertumbuhan Cina belakang ini.

Di perdagangan bursa saham per tengah hari waktu Amerika Serikat, nilai saham perusahaan Freeport-McMoRan itu terjun bebas sekitar 61 sen atau sekitar 8,1 persen menjadi 6,95 US Dollar per saham.

Atas guncangan tersebut, Moffet yang membentuk perusahaaan tersebut pada tahun 1969 itu pun akan resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua dan meninggalkan Dewan Direksi pada hari Kamis mendatang.

Sementara Direksi Independen Gerald J. Ford akan menjabat sebagai Direktur non-eksekutif Freeport dan Ricahrd C Adkerson tetap menjabat sebagai Presiden dan CEO PT Freeport-McMoRan.(ts/RMOL)