Berada di Puncak Musim Panas, Muslim Inggris Minta Pengurangan Waktu Berpuasa

muslim inggrisEramuslim – Bulan Ramadhan yang jatuh bertepatan dengan puncak musim panas di kawasan Eropa dan Timur Tengah pada tahun 2015 ini menyebabkan organisasi Muslim Inggris menyerukan pengurangan jam puasa kali ini yang melebihi 19 jam.

Seperti dilansir kantor berita BBC dari ketua Organisasi Muslim Quilliam, Dr Osama Hassan, mengatakan, “Tahun ini Muslim di Inggris akan berpuasa sekitar 19 jam lebih. Ini dikarenakan bulan Ramadhan yang bertepatan dengan puncak musim panas di Eropa.”

Dr Osama Hassan menambahkan, “Kami meminta Dewan Riset dan Fatwa Eropa untuk secepatnya mengeluarkan fatwa mengenai apakah kita harus berpuasa sesuai dengan jadwal matahari terbit, atau mengikuti negara di kawasan Timur Tengah.”

Tercatat ditahun 2014 lalu Muslim di Inggris harus menjalani ibadah puasa selama lebih dari 18 jam, yang dimulai pada 02.48 pagi dan baru memasuki waktu adzan Maghrib pada pukul 21.25.

Perlu diketahui bahwa dalam survey terbaru yang dilakukan BBC beberapa waktu lalu mendapati sebagian Muslim di Inggris akan melaksanakan ibadah puasa sesuai dengan waktu puasa negara asal mereka, dan sebagian lagi menyatakan siap jika harus menjalankan ibadah puasa selama 19 jam lebih. (Bbcarabic/Ram)