Bentuk Aliansi Internasional, Menlu AS Segera Kunjungi Wilayah Timur Tengah

U.S. Secretary of State Kerry speaks during a news conference at the Lake Garden Hotel, outside the venue of the 47th ASEAN Foreign Ministers' Meeting, in NaypyidawMenteri Luar Negeri AS, John Kerry, dijadwalkan akan tiba di Jordan hari Rabu (10/09) ini, dalam kunjungan lawatan membentuk aliansi internasional melawan milisi Negara Islam Irak dan Suriah.

Kerry direncanakan akan terlebih dahulu mengunjungi ibukota Jordan, Amman, dan kemudian bertolak ke Jeddah untuk melakukan kunjungan 2 hari di Arab Saudi membicarakan pembentukan aliansi internasional melawan ISIS.

Selain ke 2 negara tersebut, Kerry dijadwalkan akan berkunjung ke Irak, Mesir, Turki, dan 6 negara teluk lainnya seperti Kuwait, Qatar, Emirat, Bahrain dan Oman, termasuk Arab Saudi.

Kantor berita Saudi Press Agency melansir bahwa kunjungan Kerry akan fokus membahas isu terorisme di wilayah Timur Tengah dan cara-cara mengatasinya.

Perlu diketahui bahwa ini merupakan lawatan resmi pertama pemerintah Gedung Putih guna mencari dukungan untuk membentuk aliansi internasional melawan ISIS.

Sebelumnya pada hari Senin (08/09) kemarin, Presiden Barack Obama telah mengungkapkan “rencana kerjanya ” terhadap milisi ISIS di Irak. (Rassd/Ram)