Barisan Koalisi Nasional Suriah Tolak Kehadiran Iran Dan Hizbullah Di Konferensi Geneva 2

bashar assadBarisan Koalisi Nasional Oposisi Suriah mengumumkan menerima kehadiran Presiden Suriah Bashar Al Assad dalam Konferensi Internasional Suriah ‘Geneva 2’ yang dijadwalkan berlangsung pada 22 Januari 2014 mendatang.

Akan tetapi ketua Koalisi Oposisi Suriah, Ahmad Jarba, meminta panitia untuk tidak mengundang Pengawal Revolusi Iran dan Hizbullah dalam Konferensi Geneva 2 mendatang.

Dalam pembicaraannya dengan Sekretaris Jenderal Liga Arab, Nabil Elaraby di kota Kairo pada hari Selasa kemarin, Jarba meminta OKI menekan pemerintah pemerintah Suriah untuk melepaskan tahanan perempuan dan anak-anak sebelum Konferensi geneva 2 dilaksanakan.

Di sisi lain, Sekjen OKI Nabil El Araby meminta kepada seluruh faksi oposisi Suriah untuk bekerja sama mengamankan akses bantuan ke seluruh wilayah Suriah.

Jarba mengatakan bahwa FSA (tentara pembebasan Suriah) akan memiliki perwakilan jika mereka memutuskan untuk berpartisipasi dalam Konferensi Geneva 2, ia juga menyatakan bahwa koalisi merupakan payung politik Tentara Pembebasan yang tidak dapat terpisahkan. (rassd/lndk)