Bantu Militer Lebanon Perangi Milisi Daulah Islam, Arab Saudi Kucurkan Dana US$ 3 Miliar

Lebanese Army troops take a combat positMantan Perdana Menteri Libanon, Saad Hariri, menyatakan bahwa pemerintah Saudi menyerahkan satu miliar dolar AS kepada tentara Lebanon pasca pertemuannya dengan Raja Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz di Jeddah, Riyadh.

Dalam keterangannya hari Selasa (05/08) kemarin, Saad Hariri mengatakan “raja Saudi memberitahu saya akan memberikan satu miliar dolar AS kepada pemerintahan militer Lebanon, sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan militer menjaga keamanan di dalam dan luar negeri Lebanon.”

Tercatat ini merupakan bantuan tambahan Arab Saudi kepada Lebanon setelah sebelumnya memberikan bantuan dana militer sebesar 2 miliar dolar AS pada bulan Desember tahun 2013 lalu  untuk dialokasikan pada pembelian senjata dari Perancis.

Sementara itu pada hari Selasa (05/08/2014) kemarin, Perancis menyatakan kesiapannya dan akan mempercepat pengiriman senjata ke Lebanon setelah adanya permintaan dari Kepala Staf Angkatan Darat Lebanon.

Perlu diketahui bahwa pasukan pemerintah Lebanon kini menghadapi pertempuran sengit dengan milisi Daulah Islam  di sepanjang perbatasan Arsala, Lebanon. (Skynewsarabia/Ram)