Bantu Gulingkan Bashar Al Assad, Turki Siap Latih 2000 Pejuang Moderat Suriah

pejuang moderat suriahEramuslim – Seorang pejabat senior di Kementerian Luar Negeri Turki menyatakan bahwa pemerintah Ankara siap untuk melatih sekitar 1500-2000 pejuang moderat Suriah pada bulan Maret mendatang, dalam kesepakatan bersama dengan Amerika Serikat.

Pejabat yang tidak mau disebutkan namanya mengungkapkan bahwa pemerintah Turki dan AS kini sedang menyelesaikan kesepakatan akhir untuk mempersenjatai dan melatih oposisi Suriah.

Sumber tersebut menambahkan bahwa program tersebut nantinya akan melatih 15 ribu oposisi Suriah di Turki, Arab Saudi dan Jordan dalam kurun waktu 3 tahun mendatang.

Pejabat tersebut menjelaskan bahwa AS akan mengirimkan 100 perwiranya ke Turki dalam beberapa pekan mendatang, guna membantu militer Turki melatih sekitar 1500 lebih pejuang moderat Suriah.

Pemerintah Turki sendiri berencana akan mempusatkan pelatihan tahap pertama di sebuah basis militer di kota Karsyahir di Turki Tengah.

Perlu diketahui bahwa meskipun enggan terlibat dalam koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat, namun pemerintah Turki harus tetap mendukung pejuang moderat Suriah untuk secepatnya menggulingkan Bashar al Assad dan membentuk zona penyangga yang akan mengamankan 1200 km wilayah perbatasannya dengan Irak dan Suriah. (Alarabiya/Ram)