Bantu AS, New Zealand Umumkan Niatkan Kirim Tentara Ke Irak

pm Selanndia baruEramuslim – Perdana Menteri New Zealand, John Key, mengumumkan niatnya untuk mengirim 143 tentara ke Irak dalam misi non-tempur koalisi internasional melawan mujahidin Negara Islam, dalam sebuah pernyataannya di depan markas tentara hari Selasa (24/02) kemarin.

Dalam pernyataannya, PM John Key menyatakan bahwa 143 tentaranya akan bergabung dengan tentara Australia di Camp Taji wilayah utara Irak.

“Ini adalah bentuk komitmen negara kami dalam mendukung dan melindungi stabilitas hukum internasional,” ujar orang no 1 di New Zealand ini.

PM John Key menjelaskan bahwa misi 143 tentaranya adalah untuk melatih pasukan Irak atas permintaan mereka, dan dijadwalkan akan dimulai pada bulan Mei mendatang.

“Mereka akan bertugas selama 9 bulan lamanya dan akan di evaluasi kembali setelah habis masa waktu tersebut,” ujar PM John Key.

Tercatat New Zealand sedikitnya telah memberikan bantuan keuangan sebesar 10 juta dolar AS dalam program bantuan kemanusiaan bagi para pengungsi Irak. (Bbcarabic/Ram)