Balas Dendam, Gerombolan Syiah Culik 58 Keluarga Muslim di Selatan Irak

milisi syiah di IrakEramuslim – Baghdad for Human Right Watch menuding pasukan pemerintah dan milisi Syiah Irak bertanggung jawab atas 58 keluarga Sunni di wilayah Nabai yang dinyatakan hilang sejak Senin (01/06).

Seperti dikutip Baghdad for Human Right Watch dari keterangan sejumlah saksi mata mengatakan, “Sesaat setelah memasuki kota Nabai pada hari Senin kemarin, pasukan pemerintah dan milisi Syiah segera merusak dan menjarah rumah-rumah milik warga sipil Irak.”

“Mereka kemudian membakar sejumlah rumah dan menjarah Sapi, domba, mobil, dan benda berharga lainnya, serta membawa 58 keluarga yang terdiri dari anak-anak, kaum perempuan dan laki-laki ke tujuan yang tidak diketahui,” ujar saksi mata menambahkan.

Sementara itu saksi mata lainnya mengatakan bahwa tentara pemerintah dan milisi Syiah melarang warga sipil untuk meninggalkan rumah mereka, dan kemudian membombardir rumah-rumah tersebut dengan roket dan mortal.

“Kami lebih baik berada dibawah kekuasaan pejuang Negara Islam daripada harus menderita dibawah perlakukan tentara pemerintah,” ujar saksi tersebut.

Baghdad for Human Right Watch mencatat sedikitnya 900 lebih keluarga dari suku Sunni mengungsi setelah pasukan pemerintah dan milisi Syiah Irak memasuki Nabai di selatan provinsi Solahuddin pada Senin sore waktu setempat. (Rassd/Ram)