Awasi Negara Timur Tengah, Israel Luncurkan Satelit Mata-Mata Baru

satelit israelPemerintah Zionis Yahudi berhasil meluncurkan satelit militer untuk kegiatan mata-mata pada Rabu (09/04) malam dari pusat pelucuran di selatan wilayah Israel.

Satelit Ofek 10 telah diluncurkan ke luar angkasa dengan roket Shavit pada Rabu malam, satelit ini dilaporkan memasuki orbit untuk menggantikan Ofek 9 pada Kamis pagi (10/04). Pemerintah Israel mengklaim satelit model ini lebih canggih dari sebelumnya.

Radio Israel melaporkan bahwa satelit baru ini mempunyai kemampuan imaging yang tinggi dan mampu menangkap gambar dalam segala kondisi cuaca dan cahaya, serta dibekali dengan kamera modern yang dapat mengambil gambar bumi sampai tingkat setengah meter dengan dengan kualitas tinggi.

Associated Press melansir bahwa tujuan peluncuran satelit baru ini adalah untuk memantau kegiatan Iran dan sejumlah kelompok dan negara musuh Israel.

Kementerian Pertahanan Israel menyatakan bahwa satelit ini dikembangkan bersama dengan industri dirgantara Israel Aerospace Industries.

Menteri Pertahanan Moshe Yaalon mengatakan bahwa “satelit akan meningkatkan kemampuan spionase Israel dan akan memberikan informasi lebih terperinci kepada Departemen Pertahanan mengenai musuh-musuh Israel.” (Aljazeera/Ram)