AS Lakukan Persiapan Tampung 10.000 Pengungsi Suriah

pengungsi suriahEramuslim – Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat, J. Johnson, menyatakan bahwa negaranya hanya akan menerima 10 ribu pengungsi asal Suriah pada tahun 2016 mendatang, dikarenakan terkait sejumlah anggaran keuangan dan keamanan.

Dalam wawancaranya dengan kantor berita Reuters pada hari Selasa (15/09) kemarin, Menteri J. Johnson mengatakan, “Kami harus berhati-hati untuk menerima pengungsi asal Suriah karena terkait masalah anggaran, terlebih belum adanya alokasi dana dari Kongres bagi Departemen Imigrasi dan Kewarganegaraan untuk masalah pengungsi Suriah.”

Sementara itu menanggapi kekhawatiran sejumlah anggota Kongres mengenai asal usul penerima suaka, J. Johnson menekankan bahwa pihaknya dan aparat berwenang AS akan lebih selektif dalam memilih para pengungsi asal Suriah.

AS sendiri baru berencana akan menerima 300 orang pencari suaka asal Suriah pada bulan Oktober mendatang, sebagai bagian dari 10 ribu pengungsi pada tahun 2016 mendatang.

Tercatat hingga kini baru ada sebanyak 1.500 pengungsi asal Suriah yang diterima AS sejak meletusnya revolusi pada bulan Maret 2011. (Skynewsarabia/Ram)