AS: Turki Setuju Untuk Pinjamkan Fasilitas Militernya Untuk Serang ISIS Di Suriah

A General view shows a Turkish militaryPenasihat keamanan nasional AS, Susan Rice, menyatakan bahwa pemerintah Ankara telah mengizinkan koalisi internasional yang dipimpin Amerika Serikat untuk menggunakan pangkalan militer di wilayahnya dalam kampanye melawan ISIS di Suriah dan Irak.

Dalam keterangannya di depan wartawan, Susan Rice menyambut baik keputusan pemerintah Ankara dalam perang melawan organisasi teroris.

Menurut Rice, nantinya pasukan koalisi internasional dapat menggunakan fasilitas militer di Turki dalam perang melawan ISIS, termasuk pangkalan udara Incirlik didekat perbatasan Turki dengan Suriah.

Selain itu Susan Rice meminta pemerintah Ankara untuk memainkan peran lebih besar dalam perang melawan ISIS, setelah sebelumnya militer Turki menyatakan bahwa mereka tidak dapat bergerak sendiri dalam operasi darat terhadap ISIS di Suriah.

Tercatat sejak awal Agustus lalu militer Amerika Serikat telah mulai perang melawan ISIS di Irak, sebelum meluas dalam beberapa pekan terakhir hingga ke wilayah Suriah.

Perlu diketahui ditengah serangan udara intensif koalisi internasional terhadap milisi ISIS di Suriah dan Irak, milisi ISIS justru dikabarkan semakin mendekati ibukota Baghdad. (Bbcarabic/Ram)