AS Siapkan Dana Bantuan Luar Negeri Untuk Dukung Pemerintah Kudeta Mesir, Libya, Dan Tunis Perangi Kelompok Islam

obamaAmerika Serikat kembali menggelontorkan bantuan dana ke sejumlah negara di Timur Tengah pada anggaran tahun 2015 untuk tetap menjaga pengaruh AS di negara-negara Arab.

Presiden Barack Obama telah mengalokasikan dana sebesar 46,2 miliar dolar dalam APBN tahun 2015 mendatang, nantinya dana ini akan diatur penyerahannya melalui Departemen Luar Negeri AS dan Badan Pembangunan Internasional AS (USAID).

Departemen Luar Negeri AS menyatakan bahwa anggaran baru mencerminkan upaya AS untuk terus mendukung pencapaian stabilitas dan keamanan internal di kawasan Timur Tengah khususnya dan di negara-negara dunia pada umumnya.

AS akan memberikan dana sebesar $ 7 miliar untuk membantu sejumlah negara di kawasan Timur Tengah seperti Mesir, Tunisia, Jordan, Libya dan Yaman, di samping alokasi bantuan kepada rakyat Suriah untuk mempromosikan stabilitas keamanan dan kemitraan ekonomi dengan negara-negara di wilayah tersebut.

Selain itu Departemen Luar Negeri AS juga akan memberikan dana bantuan kepada Israel sebagai mitra utama Amerika di wilayah Timur Tengah.

Menurut Deplu AS, nantinya dana tersebut akan digunakan untuk mempromosikan keamanan dan stabilitas dan penciptaan kesempatan kerja serta upaya memerangi ekstremisme dan keamanan pangan global dan perubahan iklim. (Rassd/Ram)