AS Selalu dan Tetap Mendukung Israel

Duta Besar AS untuk PBB, Susan Rice menyatakan bahwa Amerika Serikat akan tetap mendukung Israel dalam merespon serangan Militer Hamas. Penyataan ini disampaikannya pada pertemuan daruat Dewan Keamanan PBB kamis pagi di New York.

Rice mengatakan, “tidak ada yang bisa membenarkan tindak kekerasan yang dilakukan oleh Hamas dan organisasi lainnya terhadapa Israel,” meskipun wakil-wakil dari negara Arab meminta Dewan Keamanan untuk mengutuk Israel.

Ia menambahkan bahwa,”Israel, sebagaimana bangsa yang lain juga memiliki hak untuk mempertahankan diri terhadap serangan brutal tersebut, dan tidak ada yang bisa membenarkan kekerasan ini.”

Rice menganggap bahwa serangan roket Hamas adalah upaya membatalkan rencana mengakhiri konflik di Timur Tengah dan pembentukan negara Palestina.

Rice, yang sekarang telah menjadi menteri luar negeri AS mengatakan,”menyerang Israel tidak akan membantu rakyat palestina di Gaza sebagaimana orang-orang Palestina tidak akan mampu menentukan sendiri kemerdekaannya.” (hr)