AS Sebarkan Tentara Daratnya Ke Sejumlah Kota Di Irak

militer asUntuk pertama kalinya sejak perang koalisi internasional terhadap milisi ISIS di Irak dan Suriah, pemerintah AS mengirimkan tentara daratnya ke sejumlah kota di Irak pada Senin (10/11).

Dalam pernyataan pers jubir Pentagon, Alyssa Smith, menyatakan bahwa sebanyak 50 tentara AS di kirim ke Ein al-Assad Air Base di kota Anbar, untuk membantu dan melatih tentara pemerintah menghadapi milisi ISIS.

Sebelumnya sebanyak 180 penasihat militer AS dilaporkan tiba lebih awal ke sebuah pangkalan militer di kota Ramadi, untuk membantu tentara pemerintah.

Tercatat pada Jum’at (07/11) pekan lalu, Presiden Barack Obama mengumumkan akan menambah sekitar 1500 tentara darat ke Irak, sebagai fase baru dalam perang melawan milisi ISIS.

Sementara itu pasukan pemerintah yang didukung serangan udara AS mulai membombardir kota Baiji, Provinsi Salahuddin, yang dikendalikan oleh milisi ISIS.

Seperti dikutip kantor berita Reuters dari komandan angkatan bersenjata Irak di Salahuddin, Abdul-Wahab al-Saidi, menyatakan akan terus mengintensifkan serangannya untuk kembali merebut kota Baiji yang merupakan kilang minyak terbesar di Irak. (Skynewsarabia/Ram)