Arab Saudi Berencana Ubah Peraturan Mahram Bagi Kaum Perempuan

wanita-saudiEramuslim – Senin 8 Juni 2015, Kerajaan Arab Saudi mengumumkan akan merevisi peraturan izin Mahram bagi kaum perempuan dengan memperbolehkan mereka untuk berpergian tanpa harus didampingi oleh muhrim.

Seperti dikutip surat kabar Riyadh dari Dirjen Imigrasi Arab Saudi, Mayjen Yahya Suleiman, mengatakan, “Kami ingin secepatnya merevisi peraturan mahram bagi kau wanita di negara ini. Akan tetapi ini tidak akan mudah karena terkait Departemen Kehakiman dan Departemen Sosial Arab Saudi.”

Mayjen Yahya Suleiman menambahkan, “Peraturan yang baru tidak akan bergantung pada usia wanita, akan tetapi pada alasan wanita tersebut untuk keluar melakukan perjalanan tanpa didampingi oleh walinya.”

“Tentunya mereka harus mendapatkan terlebih dahulu izin tertulis dari walinya untuk melakukan perjalanan,” tambah Mayjen Yahya Suleiman.

Sebelumnya pada tahun 2014 lalu aktivis perempuan Saudi menggelar protes terhadap ketatnya peraturan bagi seorang wanita yang akan melakukan perjalanan tanpa Mahramnya.

Perlu diketahui bahwa di Arab Saudi adalah salah satu negara Arab yang mengharuskan seorang wanita berpergian didampingi oleh mahramnya. (Almasryalyoum/Ram)