Anggarkan 134 Juta Euro, Jerman Bersiap Kirim 1.200 Tentaranya Ke Irak

tentara JermanEramuslim – Seorang sumber militer Jerman mengungkapkan bahwa pemerintah Berlin telah menganggarkan dana sebesar 134 juta euro, untuk membiayai ribuan tentara militer mereka yanga kan berperang melawan milisi Negara Islam di Irak.

Dari informasi yang dibocorkan sumber yang tidak mau diungkapkan identitasnya kepada Channel Satu Jerman “ARD” dalam siaran pada hari Senin (30/11) kemarin menyatakan, “Jumlah tersebut rencananya akan digunakan untuk membiayai 1200 tentara yang akan di kirim ke Irak untuk memerangi IS pada tahun 2016 mendatang.”

Sumber tersebut melanjutkan, “Nantinya tentara Jerman akan bertugas untuk memberikan dukungan militer kepada tentara Perancis dan Irak serta koalisi internasional pimpinan AS dalam memerangi milisi IS.

Menurutnya, keputusan pengiriman ribuan tentara Jerman dalam perang melawan Negara Islam di Irak berdasarkan hak kolektif pertahanan diri sesuai dengan Pasal 51 dari Piagam PBB, serta Resolusi Dewan Keamanan PBB 2249 yang menegaskan bahwa keberadaan organisasi Negara Islam menimbulkan ancaman bagi perdamaian dan keamanan internasional.

Sebagai perbandingan, setiap tahunnya pemerintah Jerman dilaporkan mengeluarkan dana sebesar 1 miliar euro pertahun untuk membiayai tentara mereka di Afghanistan. (Almasryalyoum/Ram)