Amnesty Internasional : Memalukan, Negara-Negara Kaya Teluk Tidak Mau Bantu Pengungsi Suriah

pengungsi suriahLembaga Amnesty International menyebut negara-negara kaya dunia enggan mengeluarkan dana lebih untuk membantu pengungsi Suriah, dan sengaja meninggalkan beban tersebut kepada negara-negara tujuan pengungsi.

Pernyataan ini dilontarkan Amnesty International menjelang digelarnya konferensi donor untuk pengungsi Suriah di kota Jenewa, Swiss.

Menurut lembaga pemantau HAM internasional menyatakan “negara-negara kaya membiarkan Jordan, Lebanon, Irak, Turki dan Mesir menerima lebih dari 3,8 juta pengungsi Suriah, sementara seluruh dunia hanya 1,7% dari jumlah tersebut.”

“Tentunya ini hal yang memalukan, terlebih bagi negara-negara kaya Arab di teluk yang tidak mau menjadi tuan rumah bagi para pengungsi Suriah,” tambah Amnesty International.

Amnesty International meminta negara-negara kaya seperti Rusia, Cina, serta negara teluk Arab dan Barat untuk mau menampung 5% jumlah pengungsi Suriah.

Tercatat lebih dari 200 ribu orang tewas dan ratusan ribu lainnya terluka akibat perang saudara yang berlangsung sejak tahun 2011 lalu. (Bbcarabic/Ram)