Amnesti Internasional Kutuk Tindakan Penangkapan Pengungsi Suriah Di Mesir

suriahOrganisasi Amnesty International menyerukan pihak berwenang Mesir untuk segera membebaskan ratusan orang pengungsi asal Suriah yang telah ditahan oleh pihak berwenang Mesir.

Dalam sebuah laporan tentang pengungsi Suriah di Mesir yang dikeluarkan oleh Amnesty Internasional, menyatakan bahwa penahan yang dilakukan oleh pihak berwenang Mesir bersifat ilegal, dan tidak memiliki dasar hukum.

Amensty Internasional juga mengutuk tindakan pihak berwenang Mesir yang turut menahan anak balita yang berumur kurang dari 1 tahun.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Mesir segera merespon dengan menjelaskan apa yang ada dalam laporan tersebut hanya tuduhan semata, pemerintah Mesir menyatakan kesiapannya untuk menjelaskan setiap tuduhan tersebut.

Para pengungsi Suriah mulai mengeluhkan sikap perlakuan buruk oleh pemerintah Mesir, setelah terjadinya kudeta militer kepada Presiden Muhamad Mursi, pada 3 Juli lalu.

Dalam sebuah laporan yang baru dikeluarkan oleh Amnesty Internasional mengenai situasi pengungsi Suriah di dunia, menyatakan bahwa pengungsi Suriah di Mesir menghadapi penangkapan ilegal oleh pihak berwenang Mesir, serta sebagian lainnya dideportasi kembali ke Suriah yang kini masih mengalami perang saudara.

Menanggapi hal tersebut, pemerintah Mesir beralasan bahwa ada sejumlah pengungsi Suriah di Mesir yang ikut campur mendukung gerakan Ikhwanul Muslimin dan isu internal politik Mesir. (bbcarabic/lndk)