Amerika Serikat Tegaskan Tidak Terlibat dalam Ledakan Pager di Lebanon

eramuslim.com – Amerika Serikat mengklaim pada Selasa bahwa pihaknya tidak mengetahui sebelumnya dan tidak terlibat dalam ledakan massal pager yang digunakan oleh Hizbullah Lebanon. Lebanon menuding Israel berada di balik serangan maut yang menewaskan sedikitnya 9 orang dan melukai hampir 3.000 lainnya. AS justru mendesak Iran untuk menahan diri sebagai tanggapan.

“Saya dapat memberitahu Anda bahwa AS tidak terlibat di dalamnya, AS tidak mengetahui insiden ini sebelumnya dan, pada saat ini, kami sedang mengumpulkan informasi,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller kepada wartawan.

Miller menolak mengomentari kecurigaan luas bahwa ledakan tersebut dilakukan oleh Israel, yang secara rutin saling baku tembak dengan Hizbullah setelah serangan terhadap Israel pada 7 Oktober oleh sekutu Iran lainnya, Hamas.

Ledakan itu terjadi setelah berminggu-minggu Amerika Serikat melakukan diplomasi pribadi untuk mencegah pembalasan besar-besaran Iran terhadap Israel atas pembunuhan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, dalam kunjungannya ke Teheran.

Miller mengatakan pesan AS kepada Iran tetap tidak berubah.

“Kami akan mendesak Iran untuk tidak mengambil keuntungan dari insiden apa pun untuk mencoba menambah ketidakstabilan dan semakin meningkatkan ketegangan di kawasan,” kata Miller.

Utusan senior AS, Amos Hochstein, sehari sebelumnya bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan pejabat Israel lainnya ketika ia berupaya mencegah perang skala penuh melawan Lebanon.

“Kami ingin melihat penyelesaian diplomatis terhadap konflik antara Israel dan Hizbullah,” kata Miller.

“Kami ingin melihat sebuah kebijakan yang memungkinkan puluhan ribu warga Israel yang mengungsi dari rumah mereka dan puluhan ribu warga Lebanon yang mengungsi dari rumah mereka untuk dapat kembali ke rumah mereka,” kata Miller.

Namun Miller berpendapat bahwa serangan terhadap Hizbullah – yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh Amerika Serikat – adalah tindakan yang adil, tanpa mengkonfirmasi keterlibatan Israel.

“Teroris anggota organisasi teroris adalah target sah bagi negara-negara untuk melancarkan operasi terhadapnya,” kata Miller.

Amerika Serikat adalah sekutu dekat Israel dan musuh Iran sejak revolusi Islam tahun 1979 menggulingkan Shah yang berorientasi Barat.

Sumber senior keamanan Lebanon dan sumber lain mengatakan kepada Reuters pada Rabu 18 September 2024 bahwa agen mata-mata Israel, Mossad, menanam sejumlah kecil bahan peledak di dalam 5.000 pager buatan Taiwan yang dipesan oleh Hizbullah beberapa bulan lalu.

Berbagai media melaporkan bahwa ribuan pager meledak setelah menerima “pesan rahasia”. Jika klaim tersebut benar, maka ini akan menjadi peperangan paling canggih melawan kelompok Hizbullah.

Seorang pejabat Hizbullah, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan bahwa peledakan pager tersebut adalah “pelanggaran keamanan terbesar” yang dialami kelompok tersebut dalam hampir satu tahun perang dengan Israel.

Hizbullah menyalahkan Israel atas ledakan pager tersebut dan berjanji bahwa mereka akan mendapatkan ‘hukuman yang adil’, menurut sebuah pernyataan yang dirilis oleh kelompok militan tersebut pada Selasa.

Belum ada komentar langsung dari militer Israel mengenai ledakan tersebut. Dilaporkan juga bahwa pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah terluka dalam serangkaian ledakan pager, namun sumber senior membantah laporan tersebut.

Beberapa sumber mengatakan kepada Reuters bahwa rencana pemasangan bahan peledak di pager buatan Taiwan telah dibuat selama beberapa bulan. Sumber keamanan senior mengatakan Hizbullah telah memesan 5.000 pager yang dibuat oleh Gold Apollo yang berbasis di Taiwan, yang menurut beberapa sumber dibawa ke negara itu pada musim semi.

Sumber senior keamanan Lebanon mengidentifikasi foto model pager, AP924, yang seperti pager lainnya secara nirkabel menerima dan menampilkan pesan teks tetapi tidak dapat melakukan panggilan telepon.

Mereka digunakan oleh kelompok Hizbullah untuk melindungi komunikasi mereka agar tidak disadap oleh pasukan militer Israel, dua sumber yang mengetahui operasi kelompok tersebut mengatakan kepada Reuters tahun ini.

“Mossad menyuntikkan papan ke dalam perangkat yang berisi bahan peledak dan menerima kode. Sangat sulit untuk mendeteksinya melalui cara apa pun. Bahkan dengan perangkat atau pemindai apa pun,” kata sumber tersebut.

Sumber tersebut mengatakan 3.000 pager meledak ketika pesan berkode dikirimkan kepada mereka, sekaligus mengaktifkan bahan peledak.

(Sumber: Tempo)

Beri Komentar