Amerika Serikat Dan Turki Sepakat Bangun Zona Aman Di Wilayah Utara Suriah

pejuang revolusi suriahEramuslim – Senin 27 Juli 2015, pemerintan Washington dan Ankara sepakat untuk membentuk zona aman dan bebas milisi-milisi senjata di perbatasan Turki-Suriah, setelah pada hari Jum’at (24/07) pekan kemarin umumkan bergabung dalam serangan udara koalisi internasional di Suriah.

Seperti dilansir surat kabar Washington Post dalam pemberitaanya kemarin menyatakan, “Amerika Serikat dan Turki telah menyepakati rincian pembentukan Zona Aman dan bebasa dari milisi-milisi bersenjata di perbatasan Turki-Suriah.”

Menurut informasi yang diterima Washington Post dari seorang pejabat AS menyatakan bahwa zona tersebut didirikan sepanjang 100 km perbatasan Turki-Suriah dengan kedalaman mencapai 65 kilometer di wilayah Suriah.

Langkah tegas ini diambil Turki menyusul serangan bom berdarah di taman budaya Suruc yang menewaskan 32 warga sipil pada hari Senin (20/07) kemarin, dan serangan di pos perbatasan Turki-Suriah yang menewaskan dua orang tentara dan melukai lima orang lainnya pada Kamis (23/07). (Almasryalyoum/Ram)