Amerika Serikat Berharap Normalisasi Hubungan Israel dan Arab Saudi Tercapai

eramuslim.com – Amerika Serikat (AS) memberi sinyal menargetkan tercapainya normalisasi hubungan Israel-Arab Saudi sebelum Januari 2025.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Kamis (5/9/2024) menyatakan, dirinya masih berharap dapat menyegel kesepakatan normalisasi antara Israel dan Arab Saudi sebelum Presiden Joe Biden mengakhiri masa jabatannya pada Januari mendatang.

“Saya pikir jika kita bisa mendapatkan gencatan senjata Gaza, masih ada peluang melalui keseimbangan pemerintahan ini untuk bergerak maju dalam normalisasi,” katanya dalam sebuah konferensi pers di Haiti, dikutip dari AFP.

Di masa lalu, Blinken sendiri sempat mengunjungi Arab Saudi untuk membahas prospek normalisasi dengan Israel.

Dalam pertemuan Forum Ekonomi Dunia di Sekretariat Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), Riyadh, pada 29 April, ia menyebut, AS hampir siap dengan paket keamanan yang akan ditawarkan kepada Arab Saudi jika mereka menormalisasi hubungan dengan Israel.

Blinken kala itu mengunjungi Arab Saudi dalam lawatannya yang ketujuh ke wilayah tersebut sejak perang Hamas-Israel pecah pada Oktober lalu.

Meski mendukung Israel, Pemerintahan Presiden Joe Biden, telah mengupayakan moderasi dari pemerintahnya dengan menggantungkan prospek hubungan formal dengan Arab Saudi.

Sementara itu, sebagai bagian dari kesepakatan apa pun, Arab Saudi telah menuntut jalan menuju pengakuan terhadap Negara Palestina serta jaminan keamanan yang mengalihkan fokusnya dari Timur Tengah.

Ketika itu, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan, yang bertemu dengan Blinken di Riyadh, juga mengatakan kesepakatan AS-Arab Saudi sudah “sangat dekat”.

Tetapi, ia menegaskan, kesepakatan akan dibuat setelah adanya pengakuan terhadap Negara Palestina.

“Sebagian besar pekerjaan telah dilakukan. Namun, jalan menuju negara Palestina adalah satu-satunya cara yang akan berhasil,” jelas dia.

 

(Sumber: Kompas)

Beri Komentar