Amerika Serikat, Alasan Utama Uni Emirat Arab Undurkan Diri dari Koalisi Internasional

gta versi isisEramuslim – Majalah bisnis dan finansial asal Amerika Serikat, Forbes, dalam terbitannya awal pekan ini mengungkapkan bahwa alasan pengunduran diri Uni Emirat Arab dari koalisi internasional adalah eksekusi mati pilot Jordania oleh mujahidin Negara Islam.

Dalam artikelnya, Forbes menyatakan bahwa penolakan mentah-mentah pemerintah AS untuk mengirimkan pesawat Osprey V-22 mencari dan menyelamatkan pilot Jordan yang ditangkap oleh mujahidin Negara Islam, menjadi alasan utama UEA mengundurkan diri dari koalisi internasional.

Forbes menyebut pengunduran diri negara kaya minyak tersebut dari koalisi internasional adalah upaya penghukuman UEA atas AS yang gagal menyelamatkan pilot Moaz Kasasbeh yang jatuh di pinggiran kota Raqqa, Suriah.

American Journal menyatakan bahwa beberapa saat setelah pesawat F-16 milik Jordan jatuh, UEA meminta Amerika Serikat untuk segera mengirimkan pesawat Osprey V-22 menyelamatkan Moaz Kasasbeh sebelum datangnya mujahidin Suriah ditempat kejadian, akan tetapi permintaan itu ditolak militer AS.

Sehari setelah penerbitan video eksekusi mati pilot Moaz Kasasbeh pada hari Selasa (03/02) pekan lalu, pemerintah UEA secera resmi menyatakan mengundurkan diri dari koalisi internasional yang dipimpin Amerika Serikat. (Dostor/Ram)