Amerika Di Peringkat Pertama Anggaran Militer Dunia, Dan Disusul Saudi Di Tempat Ke Empat

navy sealDengan anggaran pertahanan sebesar 600 miliar dan 400 juta US Dolar, menempatkan Amerika Serikat sebagai kekuatan militer terbaik di dunia tahu 2013 lalu, jika dibandingkan dengan pertumbuhan kekuatan militer Cina dan negara-negara Asia lainnya seperti Arab Saudi, seperti dilaporkan oleh International Institute for Strategic Studies.

Dalam studi yang dilakukan terhadap 171 negara di dunia, tercatat bahwa Amerika Serikat menempati posisi pertama di antara 15 negara militer terkuat dengan anggaran pertahanan setara dengan seluruh jumlah anggaran 15 negara tersebut.

Ditempat kedua diduduki oleh negara Cina yang  yang telah mengalokasikan anggaran pertahanan sebesar 112 miliar dan 200 juta US Dolar selama setahun terakhir, jumlah ini lebih besar dibandingkan Rusia yang menempati peringkat ketiga dengan anggaran 68 miliar dan 200 juta US Dolar.

Hal mengejutkan terjadi di possi ke 4, dimana negara kaya minyak asal Timur Tengah menempati posisi tersebut. Tercatat Arab Saudi mengalokasikan anggaran sebesar 59 miliar dan 600 juta US Dolar, dan di susul oleh Inggris degan alokasi dana pertahanan sebesar 58 miliar dan 200 juta US Dolar.

Keenam diikuti oleh Perancis ( 52 miliar dan 400 juta dolar AS) dan Jepang ($ 51 miliar) dan Jerman ( 44 miliar dan 200 juta dolar AS) dan India ( 36 miliar dan 300 juta dolar AS) dan Brasil ( 34 miliar dan 700 juta dolar ).

Menurut seorang ahli Angkatan Laut dan Maritim Security Institute, Christian Lemaire, mengatakan “Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya akan menjadi pemain dominan dalam kancah militer dunia setidaknya untuk dua dekade yang akan datang.”

Tercatat bahwa negara-negara Eropa mengalami penurunan alokasi anggaran pertahanan rata-rata sebesar 2,5 % per tahun sejak tahun 2010. (almasryalyoum/Ram)