Al Azhar Tolak Kafirkan Kelompok-Kelompok Bersenjata Di Irak Dan Suriah

Dr Mohiuddin AfifiEramuslim – Sekretaris Jenderal Majma’ Buhuts Islami, Dr Mohiuddin Afifi, menyatakan bahwa kelompok bersenjata yang mengatasnamakan Islam seperti Negara Islam, Al Qaeda, dan lain-lain bukanlah kelompok “kafir” meskipun ia menganggap mujahidin tersebut telah “membuat kerusakan”  di muka bumi.

Dalam wawancaranya melalui sambungan telepon di program acara Cairo Today pada Rabu (04/02) malam, Dr Mohiuddin Afifi mengatakan, “Al Azhar menolak untuk mengkafirkan organisasi Negara Islam, meskipun Al Azhar menganggap mereka telah “berbuat kerusakan” di muka bumi.”

Dr Mohiuddin Afifi menambahkan, “Al Azhar memiliki pendekatan dan cara tersendiri dalam menyebut seseorang kafir atau tidak,” dan menjelaskan bahwa mereka tidak kafir selama tidak keluar dari iman.

Menurut Dr Mohiuddin Afifi Azhar bukanlah lembaga yang dengan mudah memvonis seseorang ataupun kelompok tersebut kafir.

Majma’ Buhuts Islami adalah lembaga milik universitas Al Azhar yang diisi oleh ulama-ulama Islam terkemuka, yang bertugas meriset dan meneliti segala perkembangan terbaru di dunia dan  bagaimana hukumnya di dalam Islam. (Dostor/Ram)

Artikel ini bekerjasama dengan eramuslim digest :

Resensi Buku : Jejak Berdarah Yahudi Sepanjang Sejarah , Eramuslim Digest