Akibat Pemberontakan, Departemen Keuangan Nyatakan Tidak Mampu Bayar Gaji PNS Yaman

pengungsi yaman 1Eramuslim.co – Seorang penjabat Kementerian Keuangan Yaman menyatakan bahwa pemerintah dan Departemen Keuangan kini tidak mampu lagi untuk membayar gaji seluruh pegawai negeri sipil, baik yang barada didalam maupun diluar negeri.

Dalam pernyataannya kepada surat kabar “Ula” Yaman, Muhammad Zamam, seoranga pejabat di Kementerian Keuangan mengatakan, “Seruan embargo laut yang dilakukan Menlu Riad Yassin di Arab Saudi akan berdampak pada bencana kemanusiaan akibat tidak adanya ekspor bahan makanan seperti tepung terigu, gandum yang masuk ke Yaman.”

Muhammad Zamam menambahkan, “Embargo juga akan berakibat tidak dibolehkannya Yaman untuk menjual minyak mentah dan gas mereka. Ini tentunya tidak ada lagi uang untuk membayar gaji pegawai negeri, termasuk biaya operasional rumah sakit dan listrik.”

Sebelumnya pada akhir pekan lalu Menlu Menlu Riad Yassin menyerukan dunia dan PBB untuk memberlakukan embargo laut kepada Yaman yang kini dikuasai oleh pemberontak Syiah Houthi, setelah beberapa kali terbukti Iran sengaja mengirim senjata bagi kelompok pemberontak melalui jalur laut.

Tercatat pada tahun 2011 lalu sebuah kapal laut yang sarat dengan senjata kiriman dari Teheran ditangkap pihak berwenang Yaman. (Dostor/Ram)