Melihat Masjid Pertama Muslimin di Kota Venesia

masjidXvenesiaEramuslim.com – Alhamdulillah wa syukur lillah adalah dua kalimat yang diucapkan warga Muslim di kota Venesia, Italia, setelah berhasil merubah fungsi sebuah gereja tua yang dtinggalkan jamaahnya menjadi satu-satunya Masjid umat Muslim di kota.

Adalah buah karya International Fair for Architecture sebuah perusahaan kontruksi yang berhasil merubah reruntuhan gereja menjadi sebuah Masjid yang kini dijadikan pergerakan umat Muslim yang dibangun di lingkungan Cannaregio kota Venesia.

Perusahaan sendiri mengakui bahwa bangunan masjid tersebut diadposi dari Islandia Pavilion di Venice Biennale dengan diawasi langsung pemugarannya oleh seniman asal Swiss, Christoph bushel.

Sementara itu Presiden Muslim Islandia, Svirir Ognarson, menyatakan kebahagiannya atas pembukaan Masjid tersebut dan mengatakan bahwa ini adalah bentuk kemenangan umat Muslim Venesia khususnya dan dunia pada umumnya, setelah pemerintah menolak pembanguan sebuah Masjid di kota.

Perlu diketahui bahwa Venesia menjadi tempat tinggal bagi ratusan warga Muslim dari 29 negara, terlebih kini banyak orang kaya Arab yang membeli bangunan tempat tinggal di kota yang dikenal sebagai tempat pariwisata dunia. (Aljazeera/Ram)