Akhirnya Massoud Barzani Ungkap Alasan Kurdistan Irak Bantu Perangi Negara Islam

MassoudXBarzaniEramuslim.com – Tujuan suku Kurdistan Irak membantu pemerintah Baghdad memerangi mujahidin Negara Islam akhirnya terbongkar setelah Presiden wilayah Kurdistan Irak, Massoud Barzani, pada hari Minggu (10/05) kemarin mengatakan bahwa kemerdekaan negara Kurdistan hanya tinggal selangkah lagi.

Seperti dilansir kantor berita Reuters dari pidato Massoud Barzani dalam kunjungannya ke wilayah negara bagian Virginia, Amerika Serikat mengatakan, “Kemerdekaan suku Kurdistan Irak tinggal selangkah lagi. Kini tidak ada lagi halangan yang merintang seperti dimasa lalu.”

Massoud Barzani menambahkan, “Ini adalah hak alami kami untuk mendirikan negara dan menentukan masa depan kami sendiri di kawasan, dan kita telah melakukan banyak hal untuk mencapainya.”

Menurutnya dalam kunjungannya ke Amerika Serikat, Massoud Barzani mendapati bahwa banyak negara yang kini mendukung kemerdekaan suku Kurdi Irak untuk mendirikan negara sendiri, “Terlebih setelah adanya referendum yang mendukung kami untuk lepas dari Irak, di wilayah yang telah dibebaskan pasukan Peshmerga dari kendali Negara Islam,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa pasukan Peshmerga berhasil merebut kembali sejumlah wilayah strategis yang dikuasai Negara Islam di utara Irak. Pasukan Peshmerga berjanji akan terus membantu pasukan pemerintah memerangi milisi Negara Islam dengan sejumlah imbalan yang telah disepakati keduanya. (Rassd/Ram)