Ada Simbol LGBT-nya, Film Spider-Man: Across the Spider-Verse Dilarang Tayang di 6 Negara Arab

(Foto: Dok. Sony Pictures Animation/ IMDb)

eramuslim.com – Beberapa negara Arab seperti Arab Saudi hingga Uni Emirat Arab (UEA) menolak penayangan film Spider-Man: Across the Spider-Verse karena menampilkan bendera transgender.

Selain Saudi dan UEA, Qatar, Kuwait, Oman, hingga Bahrain juga menerapkan aturan serupa.

Menurut sumber lokal, film animasi produksi Sony ini direncanakan akan ditayangkan pada 22 Juni saat libur perayaan Hari Iduladha.

Namun, karya Joaquim Dos Santos ini tidak lulus sensor di negara-negara tersebut karena menampilkan bendera transgender dalam salah satu adegannya.

Padahal, film ini sudah dipromosikan di bioskop-bioskop negara Arab tersebut dengan tulisan “coming soon”. Namun, baru-baru ini, fan menyadari kalau poster film tersebut sudah tidak muncul lagi di sosial media dan situs bioskop.

UEA memang mengatur ketat penayangan konten media di dalam negeri. Beberapa aturan soal sensor yakni setiap konten media tidak boleh menyinggung ajaran Islam, menghormati budaya dan warisan UEA, dan tidak mempublikasikan materi “yang melanggar moral publik atau dapat membingungkan publik.”

Pada awal pekan ini, Dewan Media UEA mengunggah kicauan di Twitter berisikan peringatan soal “tidak akan mengizinkan sirkulasi atau publikasi konten yang bertentangan dengan nilai dan prinsip UEA dan standar konten media yang berlaku di negara tersebut.”

Meski begitu, lembaga itu tidak menyebutkan spesifik apakah pernyataan itu terkait dengan film Spider-Man: Across the Spider-Verse ini.

Perilaku Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) merupakan tindakan ilegal di negara Arab yang menerapkan hukum syariat Islam.

Beberapa negara ini bahkan menerapkan sejumlah sanksi berat termasuk hukuman mati, penjara seumur hidup, hukuman fisik, hingga denda bagi mereka yang ketahuan melanggar.

“Bayangkan melarang penayangan film 10/10 karena satu scene,” ucap seorang netizen.

“Ini negara mereka, mereka dapat melakukan apapun yang mereka inginkan,” tulis orang lainnya di Twitter.

 

(Sumber: Cnnindonesia)

Beri Komentar