80% Warga Yahudi Anggap Palestina Dan Negara Arab Tetangga Sebagai Ancaman Bagi Zionis Israel

yahudi ortodoksEramuslim – Sebuah hasil jajak pendapat yang dilakukan Intitute Demokrasi Israel menyatakan bahwa sebanyak 80% warga Yahudi Zionis Israel percaya negaranya dalam keadaan yang tidak aman akibat adanya ancaman dari dalam dan luar negeri.

Dalam hasil survei yang dirilis di surat kabar Jerusalem Post pada akhir pekan kemarin, Intitute Demokrasi Israel menyatakan sebanyak 26,5% warga Yahudi percaya bahwa Palestina dan negara tetangga menjadi ancaman terbesar bagi negara Zionis Israel.

Sedangkan sebanyak 54,1% warga Yahudi lainnya percaya bahwa ancaman militer dari negara tetangga cukup tinggi, akan tetapi tidak terlalu khawatir karena percaya dengan kemampuan angkatan bersenjata mereka.

Sementara itu mereka yang menganggap biasa saja ancaman militer dari negara luar terhadap Israel sebanyak 16,9% suara, dan sisanya 2,5% tidak mengetahui apa-apa.

Survei sendiri dilakukan Intitute Demokrasi Israel sejak akhir bulan Juli lalu melalui telewicara telepon dengan 600 responden orang dewasa dari berbagai kalangan. (Rassd/Ram)