8 Pejabat Militer Pendukung Rezim Militer Sisi (Bag 1)

sisi 3Eramuslim – Berkuasanya Abdel Fattah Sisi menjadi orang no 1 di Mesir tidak terlepas dari sejumlah kalangan yang mendukung dan membekingi mantan komandan militer di era Presiden Muhammad Mursi pada tahun 2013 lalu.

Perombakan kabinet yang dilakukan Sisi pada pekan ini untuk menggantikan sejumlah menteri dalam kabinetnya semakin mengukuhkan cengkraman militer sebagai penguasa tunggal di Mesir yang tidak boleh diganggu gugat.

Siapakah orang-orang tersebut, berikut beberapa pejabat militer dalam kabinet Sisi:

  1. Ahmed Gamal El-Din

Mayor Jenderal Ahmed Gamal El-Din pernah ditunjuk sebagai menteri dalam negeri pada awal pemerintahan Presiden Muhammad Mursi sebelum akhirnya diganti dengan Mayjen. Mohammed Ibrahim, Menteri.

  1. Mohamed Ibrahim

Mayor Jenderal Mohammed Ahmed Ibrahim Mustafa, satu-satunya menteri setelah kudeta militer 2013 yang dipertahankan Sisi untuk menjabat Mendagri Mesir.

Di era Sisi, Mendagri Mohamed Ibrahim telah memenjarakan 41 ribu warga yang menentang kudeta militer dan bertanggung jawab atas pembantaian ribuan demonstran damai di Medan Rabi’ah pada 18 Agustus 2013.

  1. Magdi Abdel Ghaffar

Magdi Abdel Ghaffar adalah Kepala Keamanan Negara Mesir era rezim Muhammad Husni Mubarak yang dipecat pada era pemerintahan sementara revolusi 2011, sebelum akhirnya kembali menjabat Kepala Keamanan Negara pada era pemerintahan Sisi.

  1. Ahmed Ali

Kolonel Ahmed Ali adalah juru bicara angkatan bersenjata Mesir sebelum terjadinya kudeta terhadap Presiden Muhammad Mursi pada 2013 lalu. (Rassd/Ram)