8 Dari 10 Universitas Terbaik Di Dunia Masih Dikuasai Oleh Kampus Amerika Serikat

HavardEramuslim – Nampaknya negara adidaya Amerika Serikat masih menjadi tujuan utama para peserta didik SLTA untuk melanjutkan jenjang sekolah mereka setelah lulus nanti, setelah 8 dari 10 peringkat kampus terbaik di dunia masih disabet oleh universitas-universitas asal negeri Paman Sam.

Hal ini didasarkan laporan peringkat terbaru mengenai 500 universitas terbaik di dunia yang dikeluarkan oleh Universitas Jiao Tong Shangai dan Stanford University baru-baru ini, yang menyatakan bahwa Harvard University masih menduduki peringkat pertama universitas terbaik di dunia.

Di tempat kedua ada Universitas Cambridge di Inggris, kemudian disusul oleh Stanford University, lalu MIT, dan kemudian diposisi kelima ada Universitas Berkeley, California.

Perlu diketahui bahwa ini adalah tahun ke tiga berturut-turut dimana Harvard University menduduki peringkat pertama sejak tahun 2012 lalu.

Universitas Jiao Tong Shangai menjelaskan bahwa hasil yang diperoleh berdasarkan metodologi data yang transparan dan eksternal dengan menyandarkan enam kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.

Adpun tiga dari 6 kriteria tersebut adalah jumlah pemegang Hadiah Nobel di antara mantan mahasiswa, jumlah peneliti yang diakui secara internasional dan nasional hasil penelitiannya, ataupun jumlah paper dan hasil penelitian yang diterbitkan oleh Majalah Science dan Nature.

Sementara itu sejumlah pejabat Uni Eropa mengkritik hasil terbaru yang dikeluarkan oleh Universitas Jiao Tong Shangai yang dianggap hanya mementingkan hasil penelitian dan sisi keilmuan, serta melupakan sisi humaniora dan ilmu sosial. (Rassd/Ram)