8 Alasan Kenapa Paris Menjadi Sasaran Empuk Serangan Teror (Bag.Pertama)

menara EiffelEramuslim – Serangan berdarah kedua di ibukota Paris, Perancis, yang menewaskan sedikitnya 129 orang pada Jum’at (13/11) malam menjadi perhatian serius Markas Studi Strategis Regional mengenai alasan dipilihnya kota dengan lambang menara Eiffel tersebut sebagai tempat pelaksanaan teror.

Berikut penelitian mengenai dua dari delapan alasan mengapa Paris menjadi tempat strategis untuk melancarkan serangan berdarah, terlepas serangan tersebut adalah sebuah konspirasi dari Barat ataupun kelompok lainnya;

Sekularisme di negara Perancis

Kebebasan berpendapat dan mengeluarkan pendapat menjadikan Perancis sebagai tempat yang sangat bebas untuk menghina, melecehkan, dan mengkerdilkan suatu kepercayaan seseorang, seperti yang dilakukan majalah satir Charlie Hebdo pada awal tahun 2015 ini.

Hal ini yang memicu umat Islam yang sangat menjunjung tinggi sosok Nabi Muhammad marah atas apa yang dilakukan oleh Charlie Hebdo akibat dari kebebasan yang dianut oleh  Perancis.

Perang melawan Mujahidin Islam di Suriah dan IS di Irak.

Ke ikut sertaan Perancis untuk bergabung dengan koalisi interasional yang dipimpin oleh Amerika Serikat melawan kelompok-kelompok mujahidin di Suriah dan Irak, menjadikan negara ini sebagai salah satu sasaran pembalasan atas apa yang mereka lakukan di Timur Tengah.

Perlu diketahui bahwa pada awalnya Perancis menolak untuk bergabung dengan koalisi internasional pimpinan AS, sebelum akhirnya berubah pikiran dengan mengirimkan kapal induknya ke wilayah Timur Tengah. (Almasryalyoum/Ram)