5,4 Miliar Dolar Dana Bantuan Untuk Rekonstruksi Gaza

Egypt's Foreign Minister Shoukry, Palestinian President Abbas, Egyptian President Sisi and Norway's Foreign Minister Brende attend a Gaza reconstruction conference in CairoSebanyak 5,4 miliar dolar AS berhasil dikumpulkan dalam Konferensi Internasional untuk Rekonstruksi Jalur Gaza yang di selenggarakan di ibukota Mesir, Kairo, pada Minggu (12/10), seperti di ungkap Menteri Luar Negeri Norwegia, Borg Brende.

Dalam keterangannya, Menlu Borg Brende mengatakan bahwa setengah dari total bantuan ini akan segera dialokasikan untuk rekonstruksi Gaza sesegera mungkin.”

Dana sebesar itu di dapat dari sejumlah negara donor diantaranya Qatar yang berjanji akan memberikan bantuan sebesar 1 miliar dolar AS ke jalur Gaza. Di susul oleh UEA sebesar 200 juta dolar, dan Kuwait juga sebesar 200 juta dolar dalam kurun waktu 3 tahun, serta Arab Saudi sebesar 500 juta dolar.

Sedangkan Uni Eropa berjanji akan memberikan bantuan sebesar 450 juta dolar pada tahun 2015 mendatang, dan Amerika Serikat sebesar 212 juta dolar AS.

Akan tetapi sangat disayangkan dengan sikap sejumlah negara yang mengajukan syarat untuk melanjutkan perundingan damai Israel-Palestina dalam acara donor dana tersebut. (Alarabiya/Ram)