5 Orang Warga Pakistan Tewas Dalam Sebuah Serangan Drone AS

US Loses Unmaned Plane Over IraqPemerintah Pakistan mengumumkan sebanyak 5 orang tewas dalam sebuah serangan pesawat tanpa awak Amerika Serikat di provinsi Khyber Pakhtunkhwa pada hari Kamis (21/11).

Ini adalah serangan pertama yang menargetkan daerah yang dikuasai oleh Haqqani, salah seorang pemimpin besar Taliban di Afghanistan yang tercantum pada daftar organisasi teroris AS.

Sebelumnya pada beberapa waktu lalu Taliban Pakistan telah kehilangan pemimpinnya, Hakimullah Mehsud , dalam sebuah serangan pesawat tak berawak AS di sebelah utara Waziristan Utara.

Pasca sehari pelantikan pemimpin baru gerakan Taliban, Mullah Fazlullah yang diangkat sebagai pemimpin Taliban mengancam akan lakukan aksi balasan terhadap pemerintah Pakistan atas kematian pemimpin lama mereka.

Pemboman yang dilakukan pesawat tak berawak AS untuk memerangi Taliban di Pakistan telah mengundang organisasi-organisasi hak asasi manusia internasional untuk mengutuk dan menghentikan serangan tersebut.

Amnesty International telah menyerukan kepada Amerika Serikat dalam laporan bulan Oktober kemarin, untuk mengakhiri perjanjian rahasia seputar serangan pesawat tak berawak di Pakistan dan mengadili mereka yang bertanggung jawab atas serangan ilegal tersebut.

Tercatat sekitar 300 kali serangan drone As sejak 2004 lalu, sedikitnya 2000 orang tewas dan ratusan diantaranya merupakan warga sipil. (skynewsarabia/lndk)