5 Negara Arab Tempat Terburuk Bagi Wanita

wanita dan laki-lakiLaporan terbaru World Economic Forum (Davos) tahun 2014 menempatkan Yaman sebagai negara terburuk di dunia bagi kaum wanita, seperti dilansir 24/7 Wall Street Journal Amerika.

Dalam laporan tahunan yang dikeluarkan World Economic Forum hari Senin (01/12) kemarin menempatkan sejumlah negara Arab sebagai penghuni terbesar negara yang dianggap diskriminatif terhadap kaum perempuan.

Berikut 10 besar urutan tersebut :

  1. Yaman, dalam survei tahun 2014 diangggap sebagai negara terburuk di dunia bagi kaum perempuan oleh World Economic Forum.

Dalam segi pendidikan hanya ada 50% dari wanita Yaman yang dapat membaca dan menulis, sedangkan untuk kaum pria sebanyak 83%.

Menurut data Human Rights Watch 52% dari anak perempuan Yaman menikah sebelum mereka mencapai usia 18 tahun, dan 14% sebelum mencapai umur 15 tahun.

  1. Pakistan

Di negara ini kaum perempuan menerima 0,18 dari pendapatan pria, dengan tingkat membaca dan menulis sebesar 42% bagi kaum perempuan dan 67% untuk kaum laki-laki.

  1. Chad

Di mana perempuan memperoleh pendapatan hingga 0,62 dari pendapatan pria, dengan tingkat baca dan menulis sebesar 28% untuk kaum wanita dan 47% untuk kaum pria.

  1. Suriah.

79% wanita di negara yang kini menghadapi konflik berkepanjang yang dapat membaca dan menulis dan kaum pria sebesar 91%.

  1. Mali,

Perempuan di negara Afrika ini menerima 0,41 dari pendapatan kaum pria, dengan tingkat menulis dan membaca sebesar 43% bagi kaum laki-laki dan 25% bagi kaum wanita.

  1. Iran,

Kaum wanita di negara para Mullah ini hanya mendapatkan 0,17 dari pendapatan per kapita, yaitu sebesar $ 4.656 dolar AS jika dibandingkan dengan 26 ribu dolar per tahun bagi kaum wanita.

Sedangkan untuk melek huruf untuk kaum laki-laki mencapai 89% dan untuk kaum wanita sebesar 79%.

  1. Pantai Gading

Di mana perempuan memperoleh 0.49 dari pendapatan pria, dengan tingkat melek huruf untuk laki-laki sebesar 52% dan 30% untuk kaum perempuan.

  1. Lebanon

Kaum perempuan di negara ini memperoleh pendapatan hingga 0,27 dari pendapatan pria, dengan tingkat membaca dan menulis sebesar 93% bagi kaum pria dan 86% kaum wanita.

  1. Jordan

Dengan tingkat membaca dan menulis yang tidak jauh yaitu sebesar 98% untuk laki-laki dan 97% untuk perempuan, akan tetapi negara ini masih memiliki kesenjangan dalam pendapatan yang di peroleh kaum wanita sebesar $ 3.442 dolar AS, berbanding dengan $ 19.300 per tahun bagi kaum pria.

  1. Maroko

Perlu diketahui bahwa pendapatan per kapita bagi kaum perempuan di Maroko lebih kecil 3x lipat jika dibandingkan dengan kaum laki-laki. Di Maroko kaum perempuan rata-rata menerima sekitar $ 3.123 per tahun, sedangkan sebanyak 11 ribu dolar per tahun diterim kaum laki –laki.

Di tingkap pendidikan hanya ada 58% perempuan yang dapat membaca dan menulis di Maroko, jika dibandingkan dengan kaum laki-laki yang dapat membaca dan menulis mencapai 76%. (Almasryalyoum/Ram)